PENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ALSADENA KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Hermita Hermita Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i2.4097

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Augmented Reality terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5–6 tahun di TK Alsadena Kabupaten Kampar. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan anak dalam mengenal bentuk-bentuk dasar geometri serta terbatasnya media pembelajaran yang menarik dan berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 14 anak yang memiliki kemampuan mengenal bentuk geometri rendah. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan tes kemampuan. Hasil pretest menunjukkan bahwa sebagian besar anak belum mampu mengenali, membedakan, dan menyusun bentuk geometri. Setelah diberikan perlakuan menggunakan media Augmented Reality, terjadi peningkatan signifikan pada semua indikator kemampuan geometri anak. Hasil analisis menunjukkan bahwa media Augmented Reality memberikan pengaruh sebesar 70,54% terhadap peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri pada kategori tinggi. Dengan demikian, media ini terbukti efektif dan interaktif dalam membantu anak usia dini mengenali bentuk geometri secara visual dan menyenangkan.

Kata Kunci: Augmented Reality, Geometri, Anak Usia Dini, Kemampuan Kognitif, Media Pembelajaran

References

Akemad Wahyudi, A. I. H., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh Media Tangram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 8–16. Https://Doi.Org/10.31849/Paud-Lectura.V4i02.6216

Ambarwati, W. D. (2023). Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Didik Paud Di Tk Dharma Wanita Wringinanom Melalui Metode Bernyanyi. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 166–179.

Cania, S., Novianti, R., & Chairilsyah, D. (2020). Pengaruh Media Glowing City Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal On Early Childhood, 3(1), 53–60. Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V3i1.54

Dewi, E. Y. P. (2019). Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Balok Anak Usia Dini. Journal On Early Childhood Education Research (Joecher), 1(1), 32–45. Https://Doi.Org/10.37985/Joecher.V1i1.5

Efendi Hutagalung, J., Kamil Siregar, I., Yesputra, R., Efendi, B., Saputra, E., Studi Sistem Komputer, P., & Royal Kisaran, S. (2024). Pelatihan Penggunaan Internet Aman Bagi Anak-Anak Di Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Mitra Kreasi Cendekia, 2(1), 99–106. Https://Ejurnal.Mitrakreasicendekia.Com/Index.Php/Mkc

Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. In Universitas Hamzanwadi Press. Https://Febriliaanjarsari.Wordpress.Com/2013/01/21/Metode-Pembelajaran-Matematika-Inovatif/

Firdanu, R., Achmadi, S., & Adi Wibowo, S. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenai Peralatan Konstruksi Dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android. Jati (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 276–282. Https://Doi.Org/10.36040/Jati.V4i2.2657

Fitri, Z. Z., & Diana, R. R. (2024). Peran Guru Dalam Membentuk Tanggung Jawab Anak Usia Dini Melalui Komunikasi Efektif, Empatik, Dan Santun. Jea (Jurnal Edukasi Aud), 9(2), 123–133. Https://Doi.Org/10.18592/Jea.V9i2.11438

Fitria, A. (2013). Mengenalkan Dan Membelajarkan Matematika Pada Anak Usia Dini. Mu’adalah Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 45–55. Http://Jurnal.Uin-

Antasari.Ac.Id/Index.Php/Muadalah/Article/View/675

Hakim, F. N. (2023). Dasar Ilmu Semiotik Untuk Kajian Desain Visual. In Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik. Https://Penerbit.Stekom.Ac.Id/Index.Php/Yayasanpat/Article/View/402

Hasan, Z., Wijaya, B. S., Yansah, A., Setiawan, R., & Yuda, A. D. (2024). Strategi Dan Tantangan Pendidikan Dalam Membangun Integritas Antikorupsi Dan Pembentukan Karakter Generasi Penerus Bangsa. Jurnal Ilmu Hukum Dan Politik, 2(2), 241–255.

Https://Doi.Org/10.51903/Perkara.V2i2.1883

Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Foera-Era Lase, J., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip. (2024). Pendidikan Karakter Gen Z Di Era Digital. 132.

Https://Books.Google.Co.Id/Books/About/Pendidikan_Karakter_Gen_Z_Di_Era_Digital.Html?Id=Seh8eaaaqbaj&Redir_Esc=Y

Madani, R., & Satrio, A. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality ( Ar ) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Smkn. 06(1), 58–64.

Mochamad Surya, C., Zulvian Iskandar, Y., & Marlina, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89. Https://Doi.Org/10.57171/Jt.V2i1.294

Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663–3674.

Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i3.4628

Nursesmita, J., Solfiah, Y., & Chairilsya, D. (2024). Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk. Indonesian Research Journal On Education, 4, 203–209.

Pratiwi, W., & Dewi, H. (2024). Kesulitan Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Kependidikan Media, 13, 1–7.

Putri, A. D., Ahman, A., Hilmia, R. S., Almaliyah, S., & Permana, S. (2023). Pengaplikasian Uji T Dalam Penelitian Eksperimen. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3), 1978–1987. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V4i3.527

Rachmat, N. A., & Sumiati, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Harta Karun. Metodik Didaktik, 11(1), 71–81.

Saman, A. M., & Hidayati, D. (2023). Pola Asuh Orang Tua Milenial Dalam Mendidik Anak Generasi Alpha Di Era Transformasi Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 984–992. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i1.4557

Santika, T., Rahmawati, A. N., Hassya, S. W., Alimanda, S. A., & Ageng, R. (2023). Pola Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 27–36.

Sari, R. A., Siregar, M. F. Z., & Nurhamidah, N. (2024). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Cybernetics: Journal Educational Research And Social Studies, 1(1), 10–22. Https://Doi.Org/10.51178/Cjerss.V5i3.2019

Sugiyono. (2018). Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Vol. 9, Issue 1, Pp. 1–14).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (Ed.)). Alfabeta.

Https://Doi.Org/Https://Www.Researchgate.Net/Profile/Hery-Purnomo/Publication/377469385_Metode_Penelitian_Kuantitatif_Kualitatif_Dan_Rd/Links/65a89006bf5b00662e196dde/Metode-Penelitian-Kuantitatif-Kualitatif-Dan-R-D.Pdf

Zakiyah, Q. Y., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan Nilai (Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah). Sistem Informasi Manajemen, 1, 26.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Hermita, H. (2025). PENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ALSADENA KABUPATEN KAMPAR. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 63–71. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i2.4097

Citation Check