PENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ALSADENA KABUPATEN KAMPAR
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i2.4097Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Augmented Reality terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5–6 tahun di TK Alsadena Kabupaten Kampar. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan anak dalam mengenal bentuk-bentuk dasar geometri serta terbatasnya media pembelajaran yang menarik dan berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen one group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 14 anak yang memiliki kemampuan mengenal bentuk geometri rendah. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan tes kemampuan. Hasil pretest menunjukkan bahwa sebagian besar anak belum mampu mengenali, membedakan, dan menyusun bentuk geometri. Setelah diberikan perlakuan menggunakan media Augmented Reality, terjadi peningkatan signifikan pada semua indikator kemampuan geometri anak. Hasil analisis menunjukkan bahwa media Augmented Reality memberikan pengaruh sebesar 70,54% terhadap peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri pada kategori tinggi. Dengan demikian, media ini terbukti efektif dan interaktif dalam membantu anak usia dini mengenali bentuk geometri secara visual dan menyenangkan.
Kata Kunci: Augmented Reality, Geometri, Anak Usia Dini, Kemampuan Kognitif, Media Pembelajaran
References
Akemad Wahyudi, A. I. H., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh Media Tangram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 8–16. Https://Doi.Org/10.31849/Paud-Lectura.V4i02.6216
Ambarwati, W. D. (2023). Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Didik Paud Di Tk Dharma Wanita Wringinanom Melalui Metode Bernyanyi. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 166–179.
Cania, S., Novianti, R., & Chairilsyah, D. (2020). Pengaruh Media Glowing City Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal On Early Childhood, 3(1), 53–60. Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V3i1.54
Dewi, E. Y. P. (2019). Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Balok Anak Usia Dini. Journal On Early Childhood Education Research (Joecher), 1(1), 32–45. Https://Doi.Org/10.37985/Joecher.V1i1.5
Efendi Hutagalung, J., Kamil Siregar, I., Yesputra, R., Efendi, B., Saputra, E., Studi Sistem Komputer, P., & Royal Kisaran, S. (2024). Pelatihan Penggunaan Internet Aman Bagi Anak-Anak Di Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Mitra Kreasi Cendekia, 2(1), 99–106. Https://Ejurnal.Mitrakreasicendekia.Com/Index.Php/Mkc
Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. In Universitas Hamzanwadi Press. Https://Febriliaanjarsari.Wordpress.Com/2013/01/21/Metode-Pembelajaran-Matematika-Inovatif/
Firdanu, R., Achmadi, S., & Adi Wibowo, S. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenai Peralatan Konstruksi Dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android. Jati (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 276–282. Https://Doi.Org/10.36040/Jati.V4i2.2657
Fitri, Z. Z., & Diana, R. R. (2024). Peran Guru Dalam Membentuk Tanggung Jawab Anak Usia Dini Melalui Komunikasi Efektif, Empatik, Dan Santun. Jea (Jurnal Edukasi Aud), 9(2), 123–133. Https://Doi.Org/10.18592/Jea.V9i2.11438
Fitria, A. (2013). Mengenalkan Dan Membelajarkan Matematika Pada Anak Usia Dini. Mu’adalah Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 45–55. Http://Jurnal.Uin-
Antasari.Ac.Id/Index.Php/Muadalah/Article/View/675
Hakim, F. N. (2023). Dasar Ilmu Semiotik Untuk Kajian Desain Visual. In Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik. Https://Penerbit.Stekom.Ac.Id/Index.Php/Yayasanpat/Article/View/402
Hasan, Z., Wijaya, B. S., Yansah, A., Setiawan, R., & Yuda, A. D. (2024). Strategi Dan Tantangan Pendidikan Dalam Membangun Integritas Antikorupsi Dan Pembentukan Karakter Generasi Penerus Bangsa. Jurnal Ilmu Hukum Dan Politik, 2(2), 241–255.
Https://Doi.Org/10.51903/Perkara.V2i2.1883
Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Foera-Era Lase, J., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip. (2024). Pendidikan Karakter Gen Z Di Era Digital. 132.
Https://Books.Google.Co.Id/Books/About/Pendidikan_Karakter_Gen_Z_Di_Era_Digital.Html?Id=Seh8eaaaqbaj&Redir_Esc=Y
Madani, R., & Satrio, A. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality ( Ar ) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Smkn. 06(1), 58–64.
Mochamad Surya, C., Zulvian Iskandar, Y., & Marlina, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89. Https://Doi.Org/10.57171/Jt.V2i1.294
Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663–3674.
Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i3.4628
Nursesmita, J., Solfiah, Y., & Chairilsya, D. (2024). Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk. Indonesian Research Journal On Education, 4, 203–209.
Pratiwi, W., & Dewi, H. (2024). Kesulitan Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Kependidikan Media, 13, 1–7.
Putri, A. D., Ahman, A., Hilmia, R. S., Almaliyah, S., & Permana, S. (2023). Pengaplikasian Uji T Dalam Penelitian Eksperimen. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3), 1978–1987. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V4i3.527
Rachmat, N. A., & Sumiati, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Harta Karun. Metodik Didaktik, 11(1), 71–81.
Saman, A. M., & Hidayati, D. (2023). Pola Asuh Orang Tua Milenial Dalam Mendidik Anak Generasi Alpha Di Era Transformasi Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 984–992. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i1.4557
Santika, T., Rahmawati, A. N., Hassya, S. W., Alimanda, S. A., & Ageng, R. (2023). Pola Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 27–36.
Sari, R. A., Siregar, M. F. Z., & Nurhamidah, N. (2024). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Cybernetics: Journal Educational Research And Social Studies, 1(1), 10–22. Https://Doi.Org/10.51178/Cjerss.V5i3.2019
Sugiyono. (2018). Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Vol. 9, Issue 1, Pp. 1–14).
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (Ed.)). Alfabeta.
Https://Doi.Org/Https://Www.Researchgate.Net/Profile/Hery-Purnomo/Publication/377469385_Metode_Penelitian_Kuantitatif_Kualitatif_Dan_Rd/Links/65a89006bf5b00662e196dde/Metode-Penelitian-Kuantitatif-Kualitatif-Dan-R-D.Pdf
Zakiyah, Q. Y., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan Nilai (Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah). Sistem Informasi Manajemen, 1, 26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.