Pelaksanaan PPL Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Membuat Media Pembelajaran Sebagai Bagian dari Karakter Profil Guru Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.1508Abstract
Abstract: This study aims to describe the implementation of lesson studybased PPL to increase student creativity in making learning media as part of the character of Pancasila teachers. The subjects in this study were PGSD FKIP Untan students who carried out PPL at SDN 23 West Pontianak. The research was conducted using a classroom action research design. The research process begins with planning, carrying out actions, observation, and reflection. Before making a plan, an initial reflection is carried out in the form of a preliminary study of the objective conditions that occur in the classroom. Data collection techniques used in the form of observation and examination of documents with data collection tools, observation sheets and document scrutiny sheets, Analysis activities carried out begin with data collection, reduction, presentation, and conclusion/verification. The results showed that student creativity in compiling learning media increased. The average silkus 1 was 76.19 and increased in cycle 2 by 83.33.
Keywords: PPL, lesson study, creativity, learning media
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan PPL berbasis lesson study untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa membuat media pembelajaran sebagai bagian dari karakter guru Pancasila. Subjek dalam penelitian ini mahasiswa PGSD FKIP Untan yang melaksanakan PPL di SDN 23 Pontianak Barat. Penelitian yang dilakukan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Proses penelitian diawali dengan penyusunan perencanaan, melaksanan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum membuat perencanaan, dilakukan refleksi awal berupa kajian pendahuluan tentang kondisi objektif yang terjadi di kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pengamatan dan pencermatan dokumen dengan alat pengumpulan data lembar pengamatan dan lembar pencermatan dokumen, Kegiatan analisis yang dilakukan dimulai dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penyimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas mahasiswa dalam menyusun media pembelajaran mengalami peningkatan. Rata-rata silkus 1 sebesar 76,19 dan meningkat di siklus 2 sebesar 83,33.
Kata Kunci: PPL, lesson study, kreativitas, media pembelajaran
References
Ali, L. (2021). Pentingnnya Karakter Guru Pancasila dalam Peta Jalan Pendidikan Nasional. Https://Kumparan.Com/LuayAli/Pentingnya-Karakter-GuruPancasila-Dalam-Peta-JalanPendidikan-Nasional1v4bkruLTpY/Full.
Arikunto, S. (2011). Penelitian Tindakan: untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asnawir. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Asril, Z. (2017). Microteaching Disertai Pedoman Pengalaman Lapangan Cetakan VIII. Jakarta: Raja Granfido Persada.
Asyhari, A. & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AlBiRuNi, 05(1), 1–13. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.p hp/al-biruni/article/view/100/91
Djamarah, S. B. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Halidjah, S. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Laporan Pendidikan Kelas Buru Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 26–38. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.p hp/JPD/article/view/884/pdf
Hart, L.C., Alston, A. & Murata, A. (2006). Lesson Study Research and Pratice in Mathematics Education. New Jersey: Springer.
Hendayana, S. (2006). Lesson Study: Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik. Bandung: UPI Press.
Janah, P., Bubhani, A, & H. (2022). Pengembangan Media Gambar dengan Pendekatan kontekstual pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 429–443. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.ph p/JOEAI/article/view/4370/2872
Kusumawati, E. (2016). Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan Berbasis Lesson Study Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UNLAM. Vidya Karya, 31(2), 124– 132. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.ph p/JVK/article/view/3991
Miles dan Huberman, A. . (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. UI Press. Mubarok, Iskandar, B.A., & Husna, A. (2021). Kreativitas Mahasiswa dalam Membuat Media Pembelajaran. JJP: Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 262– 272. http://www.ejournal.jendelaedukasi.id/ index.php/JJP/article/view/66
Mulyatun. (2017). Lesson Study: Strategi Alternatif Peningkatan Kompetensi Calon Guru Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(1), 1816–1827. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.ph p/JIPK/article/view/9709
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Putra, H. R. (2022). Profil Guru Pancasila adalah Profil Guru Masa Depan. https://www.kompasiana.com/helma69 849/6388bd3be371326c544b9c02/prof il-guru-pancasila-adalah-profil-gurudi-masa-depan?page=all#section1
Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Goup.
Santosso, A.M. & Primandiri, P. R. (2017). Respon Mahasiswa terhadap Pelaksanaan PPL I Berbasis Lesson Study. Bioma: Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 11–22. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index. php/BIOMA/article/view/587
Simanjuntak, A.A., Fakhrudin, A., & Lubis, P. H. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash pada Materi Karakteristik Geografis Indonesia. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 67–81. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.p hp/JPD/article/view/851
Suprihatiningrum, J. (2014). Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Umar, S. & S. (2014). Buku Ajar Program Pengalaman Lapangan-1 Micro Teacing. FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak: Surya.
Uno, H.B. & Mohamad, N. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAIKKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Vitantri, C.A. & Astriningsih, T. M. (2016). Efektivitas Lesson Study pada Peningkatan Kompetensi Calon Guru Matematika. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 23–33. http://journal.unipdu.ac.id/index.php/j mpm/article/view/505
Zativalen, O., Irmaningrum, R.N., & Husna, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD pada Mata Kuliah Sumber dan Media Pembelajaran. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 44–50. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/ pgsd/article/view/1884