ANALISIS KEMAMPUAN MENYUSUN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PGSD

Authors

  • siti halidjah PGSD FKIP Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2907

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to describe the ability to compile teaching materials using the Canva application in students of the S1 PGSD Study Program. The subject of the study is a student of the 2021 micro learning group. The data source is in the form of teaching materials documents prepared by students. The research process begins with the planning stage, implementation, followed by data analysis, and ends with reporting. The data collection technique uses document studies with the collection tool in the form of teaching material documents prepared by students. Data analysis follows the flow of collection, reduction, presentation, and conclusion. The results of the study showed that students' ability to compile teaching materials using the Canva application was in the "Good" criterion with an average score of 80.09.

 

Keywords: teaching materials, canva app

 

Abstrak: Tujuan dilaksanakannnya penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menyusun bahan ajar menggunakan aplikasi canva pada mahasiswa Program Studi S1 PGSD. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelompok pembelajaran mikro Angkatan 2021. Sumber data berupa dokumen bahan ajar yang disusun mahasiswa. Prosesur penelitian dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dilanjutkan dengan analisis data, dan diakhiri dengan pelaporan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dengan alat pengumpulnya berupa dokumen bahan ajar yang disusun mahasiswa. Analisis data mengikuti alur pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penyimpulan. Hasil dari penelitian didapat bahwa kemampuan mahasiswa dalam menyusun bahan ajar menggunakan aplikasi canva berada di kriteria “Baik†dengan rata-rata nilai 80,09.

 

Kata Kunci: bahan ajar, aplikasi canva

Author Biography

siti halidjah, PGSD FKIP Universitas Tanjungpura

PGSD, FKIP, Universitas Tanjungpura

References

Admelia, M., Farhana, N., Agustiana, S. S., Fitri, A. I., & Nurmalia, L. (2022). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Modul Pembelajaran Interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 177–186. https://ejournals.itda.ac.id/index.php/KACANEGARA/article/view/1087

Ahmad, S. H., Noho, M., Adam, A., & Sebe, K. M. (2024). Integrasi Canva dalam Pengembangan Bahan Ajar Interaktif pada Kurikulum Merdeka di Kelas X MAN 1 Ternate. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 6(2), 201–213. https://journalpedia.com/1/index.php/jpp/article/view/1714

Azdy, R. A., Sriyeni, Y., & Aprizal, Y. (2023). Pelatihan Pengembangan Materi Ajar Menggunakan Aplikasi Canva untuk Guru SMK Muhammadiyah 1. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 556–561. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/97/72

Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 79–88. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola/article/view/1377

Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, N. & K. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266--270. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/16187

Ghoniyah, I., Nita, C. I. R., & Yuniasih, N. (2021). Pengembangan E-Ensiklopedia Berbasis Pendidikan Karakter Gotong Royong pada Siswa Kelas IV SD. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 271–279. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/637

Halidjah, S. (2023). Pelaksanaan PPL Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Membuat Media Pembelajaran sebagai Bagian dari Karakter Profil Guru Pancasila. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 11(2), 176–187. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/view/1508

Hidayatullah, A., Artharina, F. P., Sumarno, S., & Rumiarci, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 943–947. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/4823

Isk, W. (2023). Analisis Bahan Ajar Kurikulum 2013 Tematik Kelas III Tema 3 untuk SD/MI. EL-AULADY, 3(3), 1–17. http://jurnal.stitdarussaliminnw.ac.id/index.php/el-aulady/article/view/57

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291–295. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/6434

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/828

Majid, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles dan Huberman, A. . (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Nugrahani, A. F., Saputri, D. S. D., Iffadah, A. D., Adiwijaya, S. N., & Andrian, F. (2024). Analisis Keterbacaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia pada Kelas I SD Berdasarkan Grafik Fry. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 46–51. http://journal.unuha.ac.id/index.php/jemari/article/view/3017

Nurlina, N., Maharani, S. D., & Barus, J. (2024). Rancangan Pengembangan Media Komik Berbasis Budaya Lahat dengan Menggunakan Aplikasi Canva untuk Pembelajaran di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1353–1363. http://jurnal.bimaberilmu.com/index.php/jppi/article/view/761

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwasi, L. A., & Refianti, R. (2022). Workshop Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kompetensi Para Guru Sekolah Dasar. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 3(3), 320–332. https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej/article/view/1274

Putri, E. S., Budiana, S., & Gani, R. A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Canva pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 104–108. https://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/13464

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M., 4(2), 335–343. http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859

Roma, N. L., & Thahir, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva terhadap Motivasi Belajar Siswa sebagai Media Pembelajaran IPA. COMPASS: Journal of Education and Counselling, 1(2), 181–186. https://asianpublisher.id/journal/index.php/compass/article/view/301

Rosidah, C. T., Hanindita, A. W., Sulistyawati, I., & Irianto, A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Pengembangan Bahan Ajar Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Kanigara, 1(1), 23–31. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/view/3154

Rustamana, A., Wiyah, A., Munika, I., & Khoirunisa, K. (2023). Faktor dan Prosedur Pengembangan Bahan Ajar Sejarah. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(12), 29–39. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/1337

Sofia, V. N., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Modul IPA di Sekolah Dasar Berbasis Hots dengan Pendekatan TPACK pada Materi Sistem Peredaran Darah. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 11(2), 188–201. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/view/898

Suharsono, D. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Feature Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Program Jurnalistik di Universitas Negeri Malang. Jurnal Kiprah, 8(1), 148–151. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/kiprah/article/view/1968

Supriady, D., Sholihah, L., & Adani, Y. S. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru SMP di Kota Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sakai Sambayan, 6(3), 148–151. http://jss.lppm.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/372/250

Syafitri, N. F., & Hamdu, G. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Education for Sustainable Development untuk Kelas IV Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 11(1), 12–25. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/view/763

Talitha, S., Rosdiana, R., & Mukhtar, R. H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook dalam Meningkatkan Kompetensi Guru MGMP Bahasa Indonesia SMA Kota Bogor. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 169–177. https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/swarna/article/view/314

Waraulia, A. M. (2020). Bahan Ajar Teori dan Prosedur Penyusunan. Madiun: UNIPMA Press.

Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku.

Zaki, M. (2021). Urgensi Bahan Ajar Bahasa Arab sebagai Penentu dalam Proses Belajar Mengajar. Al-Af’idah Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Arab, 5(1), 92–104. https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/afidah/article/view/876

Published

2024-12-09

How to Cite

halidjah, siti. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN MENYUSUN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PGSD. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 12(2), 286–299. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.2907

Citation Check