PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN CASE METHOD DALAM MATA KULIAH BELAJAR DAN PERKEMBANGAN MOTORIK
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i2.2470Abstract
Abstract: This research is classified as quantitative research with a quasi-experimental one group pretest posttest design. This research aims to determine the effect of case method learning in an effort to improve students' critical thinking abilities. The sample in this study was 42 students from the Physical Education, Health and Recreation Study Program at FIK UNM. Sampling was carried out using random sampling technique. The data analysis technique to answer the hypothesis was carried out using a paired sample t test using data from the pre-test and post-test results of students' critical thinking abilities. Meanwhile, to determine the effectiveness of the treatment given, the N-Gain test is carried out. Based on the results of research and data analysis, it can be obtained that the difference between the mean pre-test and post-test values is -12.024, with a Sig (2-tailed) value of 0.000 or <0.05. Meanwhile, for the N-Gain test results, the mean value was 0.53. So it can be concluded that the case method learning model has an effect on improving students' critical thinking skills with moderate effectiveness.
Keywords: Case method, Critical Thinking, Students
Â
Â
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen one group pretest posttest design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran case method dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 42 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatn, dan Rekreasi FIK UNM. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis dilakukan dengan uji paired sample t test dengan menggunakan data hasil pre-test dan post-test kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Sedangkan untuk menentukan efektifitas perlakuan yang diberikan, dilakukan dengan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat didapatkan selisih nilai mean pre-test dan post-test sebesar -12,024, dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 atau < 0,05. Sedangkan untuk hasil uji N-Gain didapatkan nilai mean sebesar 0,53. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran case method berpengaruh dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan efektifitas kategori sedang.
Kata Kunci: Case method, Berpikir Kritis, MahasiswaReferences
DAFTAR PUSTAKA
Cahyono, S. H., Sucahyo, Y. G., & others. (2020). Pengukuran Kualitas Data Menggunakan Framework Total Data Quality Management (TDQM): Studi Kasus Sistem Informasi Beasiswa Universitas Indonesia (Data Quality Assessment Using the TDQM Framework: A Case Study of University of Indonesia (UI) Scholarship In. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 22(2), 193–206.
Fauzi, A., Ermiana, I., Rosyidah, A. N. K., & Sobri, M. (2022). Implementasi Case method (Pembelajaran Berbasis Pemecahan Kasus) Ditinjau Dari Kemampuan Kolaboratif Mahasiswa. Jurnal Eduscience (JES), 9(3), 809–817.
Fauzi, A., Ermiana, I., Rosyidah, A. N. K., & Sobri, M. (2023). The Effectiveness of Case method Learning in View of Students’ Critical Thinking Ability. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 12(1), 15–33.
Hodijah, S., Hastuti, D., & Zevaya, F. (2022). Implementasi model case method dalam meningkatkan inovasi pembelajaran mahasiswa dan kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah teknik perdagangan Internasional. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 477–484.
Januarti, A. N., Windyariani, S., & Juhanda, A. (2022). Pengaruh Self Regulation Learning Terhadap Pengetahuan Metakognitif Peserta Didik Kelas XI Materi Sistem Ekskresi:(The Effect of Self Regulation Learning on Metacognitive Knowledge of Class XI Students on Excretion System Material). BIODIK, 8(3), 91–98.
Kusmaryono, I., Maharani, H. R., & Muhtarom, M. (2024). MEMPROMOSIKAN PEMIKIRAN KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA. CV. Yudhistt Fateeh.
Marno, N. F. (2022). Total Transformative Learning Modelin Child-Friendly School.
Marwiyah, M. (2022). Analisis pembelajaran steam (science, technology, engineering, art, and mathematics) untuk menanamkan keterampilan 4c (communication, collaboration, critical thinking and problem solving, dan creativity and innovation) pada anak usia dini. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Mulyati, Y., Wicaksono, I. A. M., Putri, N. E., Habiddin, H., Fitriyah, I. J., & Nida, S. (2023). Analisis keterampilan berpikir kritis dan capaian hasil belajar kognitif mahasiswa pada perkuliahan zat aditif dan adiktif berbasis case method. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran.
Palyanti, M. (2023). Media Pembelajaran Asik dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 1014–1026.
Rahmat, A., Arif, M., Mirnawati, M., Azizah, S., Lestari, L. P., Aliyyah, R. R., Sarimanah, E., Sushanty, V. R., & Suharyati, H. (2023). Desain Pembelajaran Berbasis Kasus. Ideas Publishing.
Ririen, D., & Irawati, I. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Case method Dalam Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Dan Critical Thinking Mahasiswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(1), 27–38.
Schröter, E., & Röber, M. (2022). Understanding the case method: Teaching public administration case by case. Teaching Public Administration, 40(2), 258–275.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117.
Sobri, M., Muid, A., & Daud, S. M. (2021). Penggunaan model Pembelajaran case method dalam mengatasi demotivasi belajar during mata kuliah muhadatsah Lil Mubtadiin Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi. AD-DHUHA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 2(2), 1–12.
Sofia, N., Ritonga, M., Arita, S., Syahrul, S., Shalihah, M. A., Dewi, I. P., & Sofya, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pengembangan E-Modul Perpajakan Berbasis Case method. Jurnal Ecogen, 6(1), 54–63.
Syam, S. (2022). Penerapan case method dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2).
Wahyudi, A., Ariyani, Y. D., Rochaendi, E., & Apriyanti, A.-N. (2021). Posisi Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Pendidikan Sains. Jurnal Zarah, 9(1), 8–14.
Widiastuti, F., Amin, S., & Hasbullah, H. (2022). Efektivitas metode pembelajaran case method dalam upaya peningkatan partisipasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah manajemen perubahan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 728–731.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.