STRATEGI PENGAJARAN DOSEN PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MAHASISWA DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3318Abstract
Abstract: This study uses a descriptive qualitative approach. This study was conducted in the Physical Education, Health, and Recreation Study Program, Makassar State University. The subjects of the study were lecturers of the Physical Education, Health, and Recreation Study Program, Makassar State University. A total of seven lecturers were selected as the main informants of this study. Informants were selected using a purposive sampling method, taking into account the variation of their institutions and background experiences to obtain diverse perspectives. Interview guidelines were prepared based on the research theme, but the researcher still provided space for informants to develop answers freely. The main instrument in this study was the researcher herself, who acted as a data collector and analyzer. Overall, the results of this study indicate that the teaching strategies of physical education lecturers in the digital era are very varied and adaptive to the needs of students. Lecturers not only use technology as a tool, but also as a means to create more interesting, relevant, and meaningful learning. This diverse approach reflects the lecturers' commitment to increasing student participation in physical education learning.
Keywords: Strategy, Lecturer, Participation, Physical Education, Digital Era
Â
Abstrak: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Universitas Negeri Makassar. Subjek penelitian adalah dosen Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Universitas Negeri Makassar. Sebanyak tujuh dosen dipilih sebagai informan utama penelitian ini. Informan dipilih menggunakan metode purposive sampling, dengan mempertimbangkan variasi institusi dan latar belakang pengalaman mereka untuk mendapatkan perspektif yang beragam. Pedoman wawancara disusun berdasarkan tema penelitian, tetapi peneliti tetap memberikan ruang bagi informan untuk mengembangkan jawaban secara bebas. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, yang bertindak sebagai pengumpul dan penganalisis data. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengajaran dosen pendidikan jasmani di era digital sangat bervariasi dan adaptif terhadap kebutuhan mahasiswa. Para dosen tidak hanya menggunakan teknologi sebagai alat bantu, tetapi juga sebagai sarana untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, relevan, dan bermakna. Pendekatan yang beragam ini mencerminkan komitmen dosen untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani.
Kata Kunci: Strategi, Dosen, Partisipiasi, Pendidikan Jasmani, Era DigitalReferences
DAFTAR PUSTAKA
Afriadi, F., & others. (2024). Pembelajaran kolaboratif dalam pendidikan perguruan tinggi. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 143–157.
Anugrah, S. M. (2022). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Hybrid Learning Dalam Pendidikan Jasmani: Literature Review. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 5(2), 95–110.
Educations, I. H. (2021). Komunikasi Dosen dengan Mahasiswa Kelompok Digital-natives di Perguruan Tinggi. Avant Garde, 9(01), 79–99.
Erawati, K. N., Heptariza, A., & Darmawan, A. J. (2024). EFEKTIVITAS KINERJA DOSEN TERHADAP INOVASI AKSELERASI MAHASISWA GENERASI Z. RISK: Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 5(1), 15–31.
Handayani, S., & Hidayat, N. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HIBRID DI PERGURUAN TINGGI PASCA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS TENTANG TANTANGAN DAN STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16804–16809.
Ilhami, I., Putri, A., Putri, A. S. V., Palupi, A. D., Luthfita, A., Rahma, A., Maylina, D. A., Agustina, H., Azizah, N., Utami, R. R., & others. (2024). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6214–6221.
Juana, S. Y. A., Abdullatip, P., Fachrezi, D. A., Wahyudi, A., Permana, D. S., Tarigan, B., & others. (2024). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Aktivitas Fisik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Spirit, 24(2), 80–91.
Kartiko, A. R., & Zulkarnain, A. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Learning Management System Untuk Peningkatan Pengalaman Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 7(1), 723–732.
Marani, I. N., Muhyi, M., Ginanjar, S., Widyaningsih, H., Mustafa, P. S., Yono, T., Pratiwi, I. R., Sefriana, N., Siregar, F. S., Surimeirian, M. A., & others. (2024). ASPEK PEMBELAJARAN DAN METODE BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN.
Muarif, J. A., Jihad, F. A., Alfadli, M. I., & Setiabudi, D. I. (2022). Hubungan perkembangan teknologi AI terhadap pembelajaran mahasiswa. Seroja: Jurnal Pendidikan, 1(2), 117–127.
Mustafa, P. S., & Pd, M. (2021). Desain Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Pada Pendidikan Dasar Di Masa Pandemi Covid-19. Akselerasi Berpikir Ekstraordinari Merdeka Belajar Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Era Pandemi Covid-19, 51.
Rozi, F. (2022). Penguatan Dasar Pendidikan Jasmani dan Teknologi Pendidikan pada Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani. PUNDIMAS: Publikasi Kegiatan Abdimas, 1(1), 7–11.
Sembiring, T. B., Dewi, R. D. D. L. P., Gugat, R. M. D., Febrian, W. D., Amrizal, A., & Ansori, A. (2024). Peningkatan Kapasitas Dosen Dalam Pendidikan Berbasis Teknologi: Workshop Dan Pelatihan Mendalam. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 581–590.
Surachman, A., Putri, D. E., Nugroho, A., & others. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital Tantangan dan Peluang. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 52–63.
Syafruddin, A. (2023). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP PERUBAHAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 36–44.
Syafruddin, M. A. (2024). Minat Mahasiswa Pendidikan Jasmani Dalam Proses Perkuliahan Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 12(1), 30–39.
Syafruddin, M. A., Sutriawan, A., & Hamid, M. W. (2022). Pengaruh Minat dan Motivasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Gerak: Journal of Physical Education, Sports, and Health, 1(2), 77–81.
Usoh, E. J., Pontoh, S., Kaparang, M. W., & Kumajas, V. N. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Dasar. JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education, 5(1), 22–36.
Wijayanti, D. G. S., Yuwono, C., Irawan, R., & Hanani, E. S. (2022). Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Selama Masa Pandemi di Sekolah Luar Biasa. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 7(1), 17–26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.