UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN DALAM SENAM LANTAI DENGAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS V SDN 1 KANCONG TANAH PINOH BARAT
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v8i1.318Abstract
Abstract: This study aims to be a classroom action research (PTK). This study uses 2 cycles, where each cycle consists of: 1) planning: 2) implementation: 3) observation: 4) reflection. The research carried out included 3 domains, namely the cognitive, affective, and psychomotor domains. In addition, observations were made of the learning process during the research activities and made a questionnaire in the form of a questionnaire of interest and learning motivation, to determine the extent of student satisfaction and interest in participating in learning. by using the game method. It can be concluded that the front roll floor gymnastics learning through the three-post game has a positive effect, namely it can improve learning outcomes and student interest and motivation as indicated by the average student's answer who strongly agrees 100% on the student interest questionnaire agree 100% on the results of the student motivation questionnaire
Keywords: Learning Outcomes, Front Roll, Playing Method
Abstrak: Penelitian ini bertujuan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas: 1) perencanaan: 2) pelaksanaan: 3) pengamatan: 4) refleksi. Penelitian yang dilakukan mencakup 3 ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.selain itu dilakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran selama kegiatan penelitian berlangsung dan membuat angket kuisioner berupa angket minat dan motivasi pembelajaran, untuk mengetahui sejauh mana kepuasan dan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode permainan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran senam lantai guling depan melalui permainan tiga pos mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar dan minat serta motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan sangat setuju 100% pada angket minat siswa, dan siswa menjawab sangat setuju 100% pada hasil angket motivasi siswa
Kata Kunci: Hasil Belajar, Guling Depan, Metode Bermain
References
Anni. 2004. Aktivitas Belajar dan Pembelajaran Siswa. Bandung: PT Refika Aditama
Aqib Zainal. 2006. Profesional guru dalam pembelajaran, Surabaya: Cendekia
Nasution. 2004. Aktivitas Belajar Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sardiman. 2006. Aktivitas Pelajar Peserta Pidik. Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana. 2004. Hasil Belajar Peserta Didik. Jakarta: PT Multi Kreasi Satudelapan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.