PENGARUH VARIASI LATIHAN BERPASANGAN TERHADAP KETERAMPILAN DASAR SEPAK SILA PADA SISWA EKSTRAKULIKULER SMPN 1 KRAMATMULYA
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3298Abstract
Abstract: This study aims to determine the contribution of paired practice drills to the basic skills of sepak takraw among extracurricular students at SMPN 1 Kramatmulya. This study is a quantitative research using an experimental method and the 'One Group Pretest-Posttest Design' design. The population of this study consists of 15 students participating in the sepak takraw extracurricular activity at SMPN 1 Kramatmulya. The sampling technique used in this study is Total Sampling with a saturated sample type, where all members of the population are used as samples, totaling 15 students. The study was conducted over a period of 6 weeks, with 3 treatments per week. The data collection technique used in this study involves sepak takraw pretest and posttest tests. The results show that there is a significant effect of the application of varied paired practice drills on the basic skills of sepak takraw in the extracurricular sepak takraw activity at SMPN 1 Kramatmulya, as evidenced by the paired sample t-test which obtained a Sig. value of 0.004, which is less than 0.05 (sig < 0.05). The varied paired practice drills were proven effective in helping students master the techniques of sepak takraw better, thereby enhancing their performance in the game of sepak takraw.
Keywords: Variations In Pair Training, Sepak Sila, Sepak Takraw
Â
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi dari latihan variasi berpasangan terhadap keterampilan dasar sepak sila pada siswa ekstrakurikuler SMPN 1 Kramatmulya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan desain “One Group Pretest-Posttest Designâ€. Populasi pada penelitian ini sebanyak 15 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler dalam cabang olahraga sepak takraw di SMPN 1 Kramatmulya. Teknik sampel dalam penelitian ini yaitu teknik Total Sampling dengan jenis sampel jenuh yang semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu sebanyak 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 minggu, dengan perlakuan 3 kali dalam satu minggu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes sepak sila pretest dan posttest. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan variasi latihan berpasangan terhadap keterampilan dasar sepak sila pada ekstrakurikuler sepak takraw di SMPN 1 Kramatmulya, dibuktikan dengan uji paired sampel t-test yang memperoleh nilai Sig. 0,004 lebih kecil dari pada 0,05 (sig<0,05). Latihan berpasangan yang bervariasi terbukti efektif dalam membantu siswa menguasai teknik sepak sila dengan lebih baik, sehingga dapat meningkatkan performa mereka dalam permainan sepak takraw.
Kata Kunci : Variasi Latihan Berpasangan, Sepak Sila, Sepak Takraw
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Bandung: Rineka Cipta.
Bompa, T. (2009). Periodization Training of Sport Theory and Methodelogy of Training. United Of State America: Human Kinectics.
Hanafi, Moh., Agus Raharjo., & Heriansyah. (2020). Sepak Takraw untuk Anak Usia Dini. Surabaya : CV. Jakad Media Publishing.
Hanif Sofian Achmad, 2015. “sepaktakraw untuk pelajar†jakarta: rajawali pers.
Harsono. (2017). Kepelatihan Olahraga. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Jamalong, Ahmad dan Syam, Arsy. (2014). Teknik Dasar Sepak Takraw. Yogyakarta: Ombak.
Johansyah Lubis. (2013). Panduan Praktis Penyusunan Program Latihan.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mahendra, A. (2023). Pengaruh Latihan Berpasangan Terhadap Peningkatan Hasil Sepak Sila Pada Siswa Ekstrakurikuler Sepak Takraw Di Mts Pondok Pesantren Masdarul Ulum Pemulutan. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 9(2), 2792-2799.
NSCA.com. April 2020. Time Course of Physiological and Anatomical Changes. 15 April 2022, https://www.nsca.com/education/articles/kinetic-select/time-course-of-physiological-and-anatomical-changes/
Saputro, D. B., & Supriyadi, S. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Sepak Sila Sepak Takraw Untuk Tingkat Pemula. Indonesia Performance Journal, 1(2), 112-118.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wijaya, Y., & Dewi, I. S. (2022). Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pantan Cuaca Tahun Ajaran 2021/2022. Invention: Journal Research and Education Studies, 107-114.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.