PERSEPSI GURU PJOK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI NANGA PINOH TERHADAP KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3508Abstract
Â
Abstrak: Peneliti bertujuan untuk menggali persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kecamatan Nanga Pinoh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode Survei. Subjek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) tingkat SMP di Kecamatan Nanga Pinoh yang berjumlah 8 orang dengan Purposive Sampling. Menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, kesimpulan/verifikasi. Hasil dari kuesioner terhadap 8 responden mendapatkan nilai baik dengan persentase 87,5 % berada dalam kategori sangat baik dengan persentase 12,5% sehingga persepsi guru terhadap Merdeka belajar di SMP se Kecamatan Nanga Pinoh berada di kategori baik
Kata kunci: Persepsiiguru, PJOK,iKurikulumiMerdekaReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ainia, Dela Khoirul. (2020). Jurnal Filsafat Indonesia: Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter, (Online),Vol. 3, No. 3.(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/24525/16362, diakses pada 12 Desember 2024).
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Daga A.T, (2021), Mankna Merdeka Belajar dan Penguatan Guru di Sekolah, Volume 7, No. 3, pp. 1075-1090
Indahwati, N., Maksum, A., Wicahyani, S., Ristanto, K. O., & Budi, B. (2023). Persepsi guru terhadap kurikulum merdeka belajar: Analisis dari segi pengetahuan dan keyakinan. 22(2), 144– 154.
Kusumawati, M., Abidin, D., Haqiyah, A., Mylsidayu, A., Basri, H., Faiz Ridlo, A., Iskandar, T., Lasma Siregar, Y., Diana Mamesah, E., Aini, K., Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, P., & Keguruan dan Ilmu, F. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). MADDANA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–9.
Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219.https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432 Diakses pada 12 desember 2024
Nurrohim, N. (2020). Analisis Kepuasan Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 Kecamatan Purwanegara 2020. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 1(1), 133–146.https://doi.org/10.53869/jpas.v1i1.26, diakses pada 13 Desember 2024
Marbun, S. M., & Stevanus, K. (2019). Pendidikan Seks Pada Remaja. 2(2), 325–343.
Rani, P. R., Asbari, M., Ananta, V., & Alim, I. (2023). Kurikulum Merdeka : Transformasi Pembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel. Journal of Information System and Management, 02(06), 78–84.
Ridwan, A. (2016). Komunikasi Antarbudaya: Mengubah Persepsi dan Sikap dalam Meningkatkan Kreativitas Manusia
Sugiyono, S. (2018). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.