PERSEPSI GURU PJOK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI NANGA PINOH TERHADAP KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Nur Sulistyo Mutaqin
  • Eko Rudiansyah

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3508

Abstract

Abstract: The researcher aims to explore teacher perceptions of the implementation of the Merdeka Curriculum in Junior High Schools (SMP) in Nanga Pinoh District. This research is a descriptive qualitative research with the Survey method. The subjects of this study were 8 junior high school Physical Education, Sports and Health (PJOK) teachers in Nanga Pinoh District with Purposive Sampling. Using questionnaire, interview, and documentation data collection techniques. Data analysis used in this research is data reduction, data display, conclusion/verification. The results of the questionnaire to 8 respondents received a good score with a percentage of 87.5% in the very good category with a percentage of 12.5% so that the teacher's perception of Merdeka learning in junior high schools in Nanga Pinoh District was in the good category.Keywords: Teacher perceptions, physical education, Merdeka Curriculum

 

Abstrak: Peneliti bertujuan untuk menggali persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kecamatan Nanga Pinoh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode Survei. Subjek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) tingkat SMP di Kecamatan Nanga Pinoh yang berjumlah 8 orang dengan Purposive Sampling. Menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, kesimpulan/verifikasi. Hasil dari kuesioner terhadap 8 responden mendapatkan nilai baik dengan persentase 87,5 % berada dalam kategori sangat baik dengan persentase 12,5% sehingga persepsi guru terhadap Merdeka belajar di SMP se Kecamatan Nanga Pinoh berada di kategori baik

Kata kunci: Persepsiiguru, PJOK,iKurikulumiMerdeka

References

DAFTAR PUSTAKA

Ainia, Dela Khoirul. (2020). Jurnal Filsafat Indonesia: Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter, (Online),Vol. 3, No. 3.(https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/24525/16362, diakses pada 12 Desember 2024).

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Daga A.T, (2021), Mankna Merdeka Belajar dan Penguatan Guru di Sekolah, Volume 7, No. 3, pp. 1075-1090

Indahwati, N., Maksum, A., Wicahyani, S., Ristanto, K. O., & Budi, B. (2023). Persepsi guru terhadap kurikulum merdeka belajar: Analisis dari segi pengetahuan dan keyakinan. 22(2), 144– 154.

Kusumawati, M., Abidin, D., Haqiyah, A., Mylsidayu, A., Basri, H., Faiz Ridlo, A., Iskandar, T., Lasma Siregar, Y., Diana Mamesah, E., Aini, K., Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, P., & Keguruan dan Ilmu, F. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). MADDANA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–9.

Ningrum, A. R., & Suryani, Y. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 219.https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432 Diakses pada 12 desember 2024

Nurrohim, N. (2020). Analisis Kepuasan Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 Kecamatan Purwanegara 2020. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 1(1), 133–146.https://doi.org/10.53869/jpas.v1i1.26, diakses pada 13 Desember 2024

Marbun, S. M., & Stevanus, K. (2019). Pendidikan Seks Pada Remaja. 2(2), 325–343.

Rani, P. R., Asbari, M., Ananta, V., & Alim, I. (2023). Kurikulum Merdeka : Transformasi Pembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel. Journal of Information System and Management, 02(06), 78–84.

Ridwan, A. (2016). Komunikasi Antarbudaya: Mengubah Persepsi dan Sikap dalam Meningkatkan Kreativitas Manusia

Sugiyono, S. (2018). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Downloads

Published

2025-01-28

How to Cite

Mutaqin, N. S., & Rudiansyah, E. (2025). PERSEPSI GURU PJOK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI NANGA PINOH TERHADAP KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 12(1), 175–179. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3508

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2