Penerapan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Kunti Girin Dani, Eko Fery Haryadi Saputro, Novika Lestari

Abstract


Abstract:This study aims to determine the effect of interactive learning media to improve students' creative thinking skills after being tested using learning media in the form of PhET Simulation. The method in this research is an experiment using a quantitative approach. The population in this study were all students of class VIII science program at SMP Negeri 01 Belimbing, and the samples were class VIII C IPA and class VIII D IPA. The sampling technique used is Perposive Sampling. This study uses a test technique in data collection and the test instrument used is in the form of pretest and posttest essay questions which contain three indicators of creative thinking skills.

Keywords: Interactive learning media, PhET, Creative Thinking Skills

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada siswa setelah dilakukan tes menggunakan media pembelajaran berupa PhET Simulation. Metode dalam penelitian ini berupa eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII program IPA SMP Negeri 01 Belimbing, dan dengan sampel adalah kelas VIII C IPA dan kelas VIII D IPA. Teknik sampling yang digunakan adalah Perposif Sampling. Penelitian ini menggunakan teknik tes dalam pengumpulan data dan instrumen tes yang digunakan berupa soal esai pretest dan posttest yang berisikan tiga indikator keterampilan berpikir kreatif. 

Kata-kata kunci: Media pembelajaran interaktif, PhET, keterampilan berpikir kreatif


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran Edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang

Filsaime, D.K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Harriman. (2017). Berpikir kreatif. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Iswanti, P., Riyadi & Usodo, B. (2016). Analisis tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam memecahkan masalah geometri ditinjau dari gaya belajar kelas X matematika ilmu alam (MIA) 4 SMA negeri 2 Sragen tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(6), 632-640.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Septi, A., Dwiastuti, S., & Sari, D.P. (2016). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui penerapan guided inquiry dipadu brainstorming pada materi pencemaran air. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 868-872.

Setiawan, Suratno, & Pudjiastuti. (2014). Penerapan strategi pembelajaran group to group exchange (Gge) dengan concept map dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi (siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Jenggawah tahun pelajaran 2013/2014). Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1-5.

Suparno, P. (2007). Metode Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sistem Pendidikan Nasional. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.

University of Colorado. PhET Simulation. Diakses dari https://phet.colorado.edu/.




DOI: https://doi.org/10.46368/qjpia.v2i2.921

Article Metrics

Abstract view : 296 times
PDF - 295 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.