Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa

Fira Aprilia Asmara, Rindah Permatasari, Novika Lestari

Abstract


AbstractThe purpose of this study was to determine the effect of the STAD type cooperative learning model on students' cognitive learning outcomes. This type of research is quantitative using a pretest-posttest control group design. The population of this research is students of class X MIA SMA Negeri 1 Menukung, the research sample is 25 students. The data collection technique used a test with research instruments using a test sheet consisting of a dark pretest and posttest. Test-test statistical data analysis. The results show that in the control class there is a difference in the average value and other evidence can be seen from the output sig (2-tailed) in the control class of 0.001 < 0.05 and in the experimental class of 0.000 < 0.05 then Ha is accepted. The effect can be seen in the t-test value, with a count of 9.65 whose value is greater than t-table of 1.67, then Ho is rejected and Ha is accepted. In the experimental class, ttable 0.000 is smaller than tcount with a value of 0.05, then Ha is accepted. Thus, it can be concluded that there is an effect of the STAD method on cognitive learning outcomes in the experimental class. Suggestions for using the STAD type of cooperative learning method should pay more attention to the division of groups according to students' abilities.

 

Keywords: STAD, cognitive learning outcomes

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan desain pretest-posttest control group design. Populasi Penelitian ini Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Menukung, sampel penelitian berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen penelitian menggunakan lembar tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data statistik dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas kontrol terdapat perbedaan nilai rata – rata dan pembuktian lain dapat dilihat dari hasil output sig (2-tailed) pada kelas kontrol sebesar 0,001 < 0,05 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Pengaruh dapat dilihat pada nilai uji-t, dengan nilai thitung sebesar 9,65 yang nilainya lebih besar dari ttabel sebesar 1,67 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pada kelas eksperimen sebesar ttabel 0,000 lebih kecil dari thitung dengan nilai 0,05 maka Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode STAD terhadap hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen. Saran penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD sebaiknya lebih memperhatikan dalam pembagian kelompok yang sesuai dengan kemampuan siswa.

Kata-kata kunci: STAD, hasil belajar kognitif


Full Text:

PDF

References


Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 1(2), 65-77.

Budiyanto, J. (2008). Fisika untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Fatikasari, R., Matius, B., & Junus, M. (2020). Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Simulasi PhET Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Anggana Materi Fluida Statis. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(01), 65-72.

Hadi, M. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 4(2), 38-46.

Ismuhartik, I. (2021). Upaya Peningkatan Motivasi dan hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP), 1(2), 447-462.

Khaerunnisa, K., Aqil, D. I., & Riyono, B. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode STAD Terhadap Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan. INTELEKTIUM, 2(1), 37-44.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sucipta, I. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Stad Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII MIPA 8 SMA NEGERI 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 102-114.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.46368/qjpia.v2i2.932

Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF - 166 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.