PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI MATERI PEMANASAN GLOBAL

Ayu Amalia, Riki Perdana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis video animasi pada materi pemanasan global. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) yang meliputi 3 tahap saja yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan adalah angket validasi. Angket tersebut digunakan untuk menguji kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi dinyatakan layak dengan persentase sebesar 92%. Dengan demikian media pembelajaran berbasis video animasi pada materi pemanasan global layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi pemanasan global dengan revisi produk

Full Text:

PDF

References


Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1). https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010

Apriansyah, M. R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS ANIMASI MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Jurnal PenSil, 9(1). https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Fatmawati, E., Karmin, & Sri Sulistiyawati, R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sejarah Artikel: Influence of Video-Based Learning Media to Student Learning Outcomes. Cakrawala Jurnal Pendidikan, 12(1).

Hafizah, S. (2020). PENGGUNAAN DAN PENGEMBANGAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2). https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1).

Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Yuniani, A., Ardianti;, D. I., & Rahmadani, W. A. (2019). Era Revolusi Industri 4.0 : Peran Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, Vol (2)(2).

Zahra, S. B. (2016). Effect of Visual 3D Animation in Education. European Journal of Computer Science and Information Technology, 4(1), 1–9. www.eajournals.org




DOI: https://doi.org/10.46368/qjpia.v3i1.952

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.