Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, dan instrumen penilaian berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi suhu dan kalor untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Develop) dengan jenis penelitian 4D yaitu define, design, develop, disseminate. Pada tahapan disseminate dilakukan penyebaran dengan mengirimkan artikel yang telah dibuat ke jurnal yang hendak dituju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penelitian yang telah dirancang terkategori sangat valid dengan persentase validasi RPP sebesar 84,46%, instrumen penilaian sebesar 78,78%, dan LKPD sebesar 82,48%. Perangkat pembelajaran dapat dikategorikan sangat valid jika persentase validasi lebih besar dari 80%.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.46368/qjpia.v4i1.962
Article Metrics
Abstract view : 29 timesPDF - 21 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.