Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Sindy Chintyawati, Riki Perdana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, dan instrumen penilaian berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi suhu dan kalor untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Develop) dengan jenis penelitian 4D yaitu define, design, develop,  disseminate. Pada tahapan disseminate dilakukan penyebaran dengan mengirimkan artikel yang telah dibuat ke jurnal yang hendak dituju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penelitian yang telah dirancang terkategori sangat valid dengan persentase validasi RPP sebesar 84,46%, instrumen penilaian sebesar 78,78%, dan LKPD sebesar 82,48%. Perangkat pembelajaran dapat dikategorikan sangat valid jika  persentase validasi lebih besar dari 80%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.46368/qjpia.v4i1.962

Article Metrics

Abstract view : 29 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.