PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BOLA VOLI DI SMP VIP MA’ARIF NU 1 KEMIRI
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i2.3606Abstract
Abstract: Students who can be categorized as understanding volleyball techniques are students who are skilled in doing their techniques well. The solution is so that students of SMP VIP Ma'arif NU 1 Kemiri can do good and correct volleyball playing techniques, innovation is needed in the learning model, namely the inquiry learning model. The aim is to find out whether after being given inqury learning the bottom passing technique can improve the ability of the bottom passing in students at SMP VIP Ma'arif NU 1 Kemiri. The implementation and data collection in this study used the PTK method. The results of observation showed that only 30% of students showed good development in passing ability. Based on the reflection of the first cycle, the improvement was made in the second cycle. The results of observations in cycle II showed a significant increase, where in the second meeting, 55% of students managed to reach the very good category, while only 5% of students were in the adequate category.
Keywords: inqury learning, volleyball skills
Â
Â
Abstrak: Siswa yang dapat dikategorikan paham teknik bermain bola voli adalah siswa yang terampil dalam melakukan tekniknya dengan baik. Solusi agar siswa SMP VIP Ma’arif NU 1 Kemiri dapat melakukan teknik bermain bola voli yang baik dan benar, maka diperlukan inovasi dalam model pembelajaran, yaitu model pembelajaran inquiry learning. Yang bertujuan untuk mengetahui apakah setelah diberikan inqury learning teknik passing bawah dapat meningkatkan kemampuan passing bawah pada siswa di SMP VIP Ma’arif NU 1 Kemiri. Pelaksanaan dan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode PTK. Hasil observasi menunjukkan bahwa hanya 30% siswa yang menunjukkan perkembangan yang baik dalam kemampuan passing. Berdasarkan refleksi dari siklus I, perbaikan dilakukan pada siklus II. Hasil observasi pada siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan, di mana pada pertemuan kedua, 55% siswa berhasil mencapai kategori sangat baik, sementara hanya 5% siswa yang berada pada kategori cukup.
Kata Kunci: inqury learning, keterampilan bola voliReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, S. dan Sri Winanrni. (2015).
Pengaruh Metode Pembelajaran dan Modifikasi Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Strategi Bermain dan Kerja sama. UNY: Jurnal Keolahraga, 139.
Budi, D. R. (2019). The Application of Tactical in Learning Handballs. JUARA: Jurnal Olahraga, 534.
Djajadi, M. (2019). Pengantar Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
Hayati, I. R. (2018). Perbedaan Keterampilan Belajar Antara Siswa IPA dan IPS. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1).
Hendrawati, R. K. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tema 7 Melalui Model Pembelajaran Inquiry Learning pada Siswa Kelas 5 SDN Cebongan 01 Salatiga Semester II Tahub 2018/2019. Jurnal Basicedu, 112-117.
Ngalimun. (2016). Meningkatkan Berbicara Siswa dalam Menceritakan Kegemaran Melalui Teknik Percakapan. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1.1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.