PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING SEPAK BOLA KELAS VI DI MI MA'ARIF NU HIZBUL QUR'AN PARAKAN
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i2.3912Abstract
Abstract: This study aims to determine the effect of the active learning model on improving the passing skills of soccer students in grade VI of MI Ma'arif NU Hizbul Qur'an Parakan. The population and sample in this study were 9 students, to test the extent of its influence using the F test and then comparing the significance value (Sig.) With a probability of 0.05, then comparing the t-count value with the t-table. Data was taken through practice. The results showed that the application of the active learning model was believed to have an effect on improving soccer passing skills. Proven by the results of the hypothesis test which showed a significance value (Sig.) <0.001 smaller than the probability of 0.05, and the results of the t-test showed that the t-count value of 5.525 was greater than the t-table value (2.36), so it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted, which means that the application of the active learning model has an effect on improving the passing skills of soccer students in grade VI of MI Ma'arif NU Hizbul Qur'an Parakan.
Keywords: Active Learning, Passing Skills, Soccer
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran active learning terhadap peningkatan keterampilan passing sepak bola siswa kelas VI MI Ma'arif NU Hizbul Qur'an Parakan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini 9 siswa, untuk menguji sejauhmana pengaruhnya menggunakan uji F dan dilanjutkan membandingkan nilai signifikansi (Sig.) dengan probobilitas 0,05, selanjutnjya membandingkan nilai thitung dengan ttabel. Data diambil melalui praktek. Hasilnya diketahui penerapan model pembelajaran active learning diyakini berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan passing sepak bola. Dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) < 0,001 lebih kecil dari probobilitas 0,05, serta hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 5,525 lebih besar dari nilai ttabel (2,36), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa penerapan model pembelajaran active learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan passing sepak bola siswa kelas VI MI Ma'arif NU Hizbul Qur'an Parakan.
Kata Kunci: Active Learning, Keterampilan Passing, Sepak Bola
References
DAFTAR PUSTAKA
Adi & Sasmita. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Bermain Terhadap Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Studi Pada Siswa Putra Kelas VII SMP Negeri 1 Balongpanggang Gresik). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 04(01), 148–156.
Aksi, R.M. 2020. Penerapan Model Active Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Simeulue Tengah. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.
Bahtra, R. 2022. Buku Ajar Permainan Sepakbola. Padang: Sukabina Press.
Darmawan, E.R., dkk. 2024. Hubungan Penguasaan Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Dengan Tingkat Percaya Diri Saat Bertanding. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Olahraga Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Pasundan, 26-27 Juni 2024. VOL. 1 NO. 1 (2024): SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN OLAHRAGA 2024.
Djamaluddin, A., Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV. Kaaffah Learning Center.
Gunarto. 2020. Konvergensi, Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Edisi 32 Vol. VII. Surakarta: CV Akademika.
Kusnadi. 2018. Metode Pembelajaran Kolaboratif, Tasikmalaya: Edu Publisher.
Kuswoyo, D. D. 2018. Identifikasi Tingkat Keterampilan Sepak Bola Siswa Putra Kelas V Sdn Monta Kecamatan Monta Kabupaten Bima Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17 (2)(1693–1475), 6–10.
Malik, R.R. 2023. Keterampilan Bermain Sepak Bola Siswa Kelas V Di Sd Negeri Wonolopo 03 Kota Semarang. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Departemen Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Yogyakarta.
Maula, I., dkk. 2021. Pengembangan Metode Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
Mubayyinah, N., Ashari, M.Y. (2017) Efektivitas Metode Active Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X-A di SMA Darul Ulum 3 Peterongan Jombang. Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN: 2550-1038), Vol. 1, No. 1, Juni 2017, Hal. 75-93.
Murti, M.W. 2017. Survei Keterampilan Teknik Dasar Sepakbola Pada Peserta Sekolah Sepakbola Al-Catraz Kabupaten Kediri Tahun 2016/2017. Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.
Musthofa, A. 2017. Pemahaman Tujuan Penjas Oleh Guru Penjas di SD Negeri 03 Bandar Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Serpiello, F.R., et al. 2017. The Loughborough Soccer Passing Test has impractical criterion validity in elite youth football.Science and Medicine in Football, 1(1). 60-64. https://doi.org/10.1080/02640414.2016.1254810
Sumbodo PP. 2016. Penerapan Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Bolavoli pada Siswa Kelas XI TS M Smk Murni 1 Surakarta TahunPelajaran2015/2016. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. FKI. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Sulaiman. (2016) Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan Pendekatan Sistem. Semarang: CV. Swadaya Manunggal, Digital and Offset Printing.
Utomo, N.P., dan Indarto P. 2021. Analisis Keterampilan Teknik Dasar Passing Dalam Sepak Bola. Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi (PORKES). Vol.4, No.2, Desember 2021, e-ISSN 2614-8781. Hal. 87-94.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.