PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PASSING BAWAH BOLA VOLI KELAS VI SD NEGERI 2 PIASA
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i2.3607Abstract
Abstract: This study aims to determine the factors that affect the effectiveness of the active learning method in learning the bottom passing technique in grade VI students of SD Negeri 2 Piasa. The method used in this study is to use descriptive statistics and verifiable statistics where pre-test and post-test methods are used as primary data for analysis. The test results showed a noticeable increase in the average because there was an increase of 3 points from 7.93 to 10.93. If described in percentages, the increase is 37.83%. Thus, it can be concluded that there is a significant influence of active learning method training on volleyball passing ability in grade VI students at SD Negeri 2 Piasa.
Keyword: Active Learning Method, Volleyball Underhand Pass
Â
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi efektivitas metode active learning dalam pembelajaran teknik passing bawah pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Piasa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan statistik deskriptif dan statistik verikatif dimana menggunakan metode pre-test dan post-test sebagai data primer untuk analisanya. Hasil pengujian menunjukan peningkatan rerata yang terlihat nyata karena terjadi peningkatan sebesar 3 point dari 7,93 menjadi 10,93. Jika digambarkan dalam persentase, peningkatan tersebut sebesar 37,83 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelatihan metode active learning terhadap kemampuan passing bawah bola voli pada siswa kelas VI di SD Negeri 2 Piasa.
Kata kunci: Metode Active Learning, Passing Bawah Bola Voli
References
DAFTAR PUSTAKA
Asmani, Jamal M. 2011. Tujuh Tips
Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Jogjakarta: DIVA Pres.
Darma, B. (2021). Statistika penelitian
menggunakan SPSS. Jakarta: GuePedia.com
Hattie, J., & Timperley, H. (2017).
The power of feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis
multivariete dengan program IBM SPSS 23
Syatria, D. (2022). Peningkatan
Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2).
Toni Sumartono (2013). Universitas
Negeri Surabaya. Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Pakem) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola voli (Studi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Singgahan Tuban). Volume 1 no.2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.