PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PASSING BAWAH BOLA VOLI KELAS VI SD NEGERI 2 PIASA

Authors

  • Raffi Ismail Hasan
  • Ahmad Syarif

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i2.3607

Abstract

Abstract: This study aims to determine the factors that affect the effectiveness of the active learning method in learning the bottom passing technique in grade VI students of SD Negeri 2 Piasa. The method used in this study is to use descriptive statistics and verifiable statistics where pre-test and post-test methods are used as primary data for analysis. The test results showed a noticeable increase in the average because there was an increase of 3 points from 7.93 to 10.93. If described in percentages, the increase is 37.83%. Thus, it can be concluded that there is a significant influence of active learning method training on volleyball passing ability in grade VI students at SD Negeri 2 Piasa.

Keyword: Active Learning Method, Volleyball Underhand Pass

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi efektivitas metode active learning dalam pembelajaran teknik passing bawah pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Piasa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan statistik deskriptif dan statistik verikatif dimana menggunakan metode pre-test dan post-test sebagai data primer untuk analisanya. Hasil pengujian menunjukan peningkatan rerata yang terlihat nyata karena terjadi peningkatan sebesar 3 point dari 7,93 menjadi 10,93. Jika digambarkan dalam persentase, peningkatan tersebut sebesar 37,83 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelatihan metode active learning terhadap kemampuan passing bawah bola voli pada siswa kelas VI di SD Negeri 2 Piasa.

Kata kunci: Metode Active Learning, Passing Bawah Bola Voli

References

DAFTAR PUSTAKA

Asmani, Jamal M. 2011. Tujuh Tips

Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Jogjakarta: DIVA Pres.

Darma, B. (2021). Statistika penelitian

menggunakan SPSS. Jakarta: GuePedia.com

Hattie, J., & Timperley, H. (2017).

The power of feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis

multivariete dengan program IBM SPSS 23

Syatria, D. (2022). Peningkatan

Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2).

Toni Sumartono (2013). Universitas

Negeri Surabaya. Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan (Pakem) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola voli (Studi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Singgahan Tuban). Volume 1 no.2

Downloads

Published

2025-04-16

How to Cite

Hasan, R. I., & Syarif, A. (2025). PENGARUH METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PASSING BAWAH BOLA VOLI KELAS VI SD NEGERI 2 PIASA. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 12(2), 203–208. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i2.3607

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)