PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN PASSING BAWAH BOLA VOLI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDINGAN

Authors

  • Arif Triyono
  • Ahmad Syarif

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i2.3913

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of the Project-Based Learning (PjBL) Model in improving volleyball underhand passing skills among fourth-grade students at SD Negeri 1 Bandingan. The research uses a One Group Pretest-Posttest Design. The subjects of this study were 32 fourth-grade students from SD Negeri 1 Bandingan. Data collection was conducted using tests, with the AAHPERD instrument. Data analysis was performed using a t-test, preceded by tests for normality and homogeneity.

The hypothesis testing results using the t-test obtained a t-value of 21.69, which is greater than the t-table value of 1.695 (21.69 > 1.695), indicating a significant difference between the data before and after the treatment. A clear increase in the mean score was observed, rising from 8.31 to 15.80, an improvement of 7.19 points. When expressed as a percentage, this increase amounts to 86.52%. Thus, it can be concluded that there is a significant influence of the PjBL model training on the underhand passing ability in volleyball among fourth-grade students at SD Negeri 1 Bandingan.

Keywords: Project Based Learning (PjBL) Method, Volleyball Underhand Pass

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Passing Bawah Bola Voli Kelas IV SD Negeri 1 Bandingan. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest and Post Test Design. Subyek dari penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bandingan, dengan jumlah 32 siswa. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrumen berupa AAHPERD. Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t, melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji-t mendapatkan thitung sebesar 21,69 lebih besar dari ttabel sebesar 1,695 (21,69 > 1,695), sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara data sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Peningkatan rerata terlihat nyata karena terjadi peningkatan sebesar 7,19 dari 8,31 menjadi 15,80. Jika digambarkan dalam persentase, peningkatan tersebut sebesar 86,52%%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelatihan model PjBL terhadap kemampuan passing bawah bola voli pada siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bandingan.

Kata Kunci: Metode Project Based Learning (PjBL), Passing Bawah Bola Voli

References

DAFTAR PUSTAKA

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Pearson Education.

Darma, B. (2021). Statistika penelitian menggunakan SPSS. Jakarta: GuePedia.com

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisismultivariete dengan program IBM SPSS 23

Nugroho, A. S., & Pamungkas, A. W. (2021). Penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(2), 150–158.

Prayoga, D., Muchamad Samsul Huda, & Hamdiana. (2022). Analisis Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Ekstrakurikuler Sma Negeri 9 Samarinda. Borneo Physical Education Journal, 3(2), 1–9.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhardianto. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Pembelajaran Media Tembok Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 13 Makassar. Exercise: Journal of Physical Education and Sport, 1(1), 25–33

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Triyono, A., & Syarif, A. (2025). PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN PASSING BAWAH BOLA VOLI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDINGAN. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 12(2), 240–246. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i2.3913

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)