PENGARUH HIGH INTENSITY INTERVAL TRAINING DENGAN RASIO PERBANDINGAN WAKTU KERJA DAN WAKTU ISTIRAHAT 1:3 TERHADAP VO2MAX PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP PGRI 1 ULUJAMI PEMALANG

Authors

  • Pungkas Setyo Utomo
  • Sartono Sartono

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3305

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of high intensity interval training with a ratio of work time to rest time of 1:3 on increasing VO2max in extracurricular football students at SMP PGRI 1 Ulujami Pemalang. The research design used is an experimental research approach, namely the experimental activity begins by giving treatment to the subject which ends with a test" with the sample in this research being students participating in the football extracurricular at SMP PGRI 1 Ulujami Pemalang with a total of 20 students. The test instrument used in this research is a multi-stage fitness test. The results of the research show that high intensity interval training with a ratio of work time to rest time of 1:3 results in an increase in VO2max. This can be seen from the average posttest result of 28.67 which is higher than the average pretest result of 24.30. and the calculated t value of 8,711 is greater than the calculated t value of 2,093 with a significance level of 5%. This means that there is an effect of training between high intensity interval training with a ratio of work time to rest time of 1:3 on increasing VO2max in extracurricular football students at SMP PGRI 1 Ulujami Pemalang.

Keywords: Interval training, VO2max


 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara high intensity interval training dengan rasio perbandingan waktu kerja dan waktu istirahat 1:3 terhadap peningkatan VO2max pada siswa ekstrakurikuler sepakbola SMP PGRI 1 Ulujami Pemalang. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen yaitu kegiatan percobaan diawali dengan memberikan perlakuan kepada subjek yang diakhiri dengan suatu tes†dengan sampel dalam penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP PGRI 1 Ulujami Pemalang dengan jumlah 20 siswa. Instrument tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes multi stage fitnes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara high intensity interval training dengan rasio perbandingan waktu kerja dan waktu istirahat 1:3 terhadap peningkatan VO2max, hal ini dapat dilihat dari ratarata hasil posttest sebesar 28.67 lebih tinggi dari hasil rata-rata hasil pretest sebesar 24.30. dan nilai t hitung sebesar 8.711 lebih besar daripada t hitung sebesar 2.093 dengan taraf signifikansi 5%. Artinya ada pengaruh latihan antara high intensity interval training dengan rasio perbandingan waktu kerja dan waktu istirahat 1:3 terhadap peningkatan VO2max pada siswa ekstrakurikuler sepakbola SMP PGRI 1 Ulujami Pemalang.

KataKunci: Interval training, VO2max

References

DAFTAR PUSTAKA

Darmawan, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fuchs, E., Dieter, K., & Gunter, J. 1981. Sepak Bola: Pembinaan Teknik dan Kondisi. (Terjemahan: Agus Setiadi). Jakarta: Penerbit PT. Gramedia

Hamidsyah Noer. 1996. Ilmu Kepelatihan Lanjut. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kravitz Len dan Zuhl Micah. 2014. High Intensity Interval Training vs Continuous Cardio Training: Battle of the Aerobic Titans. USA : ACSM Health and Fitness Summit

Muhadjir. 2005. Teori dan Praktek Pendidikan Jasmani Untuk Kelas 1 SMP. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Pate, Russel R. Mc. Clanaghan & Rotella, Bruce Mc, Robert. 1993. Scientific Foundations of Coaching. Philadelphia: Sounders College Publishing.

Plowman, S. A., & Smith, D. L. 2013. Exercise physiology for health fitness and performance. Lippincott Williams & Wilkins.

Sneyers, Jeff. 1998. Sepak bola Latihan dan Strategi Bermain. (Alih Bahasa: L. Lanjang) Jakarta: PT. Rosdo Jaya Putra Offset

Sopyan, M., Raharjo, B. B., & Kusuma, D. W. Y. 2023. The Effect Of High- Intensity Interval Training And Fartlek On VO2max Players U15 And U23 Pamoso Football School. JUARA: Jurnal Olahraga, 8(1), 556-568.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto. 2009. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryabrata, S. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yunus, M., Pratama, M. H., & Wahjuni, E. S. 2023. The Meta Analysis Study: The Effect of HIIT Training on VO2max Improvement of Football Athletes. Jp. jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan), 6(2), 319-333

Downloads

Published

2025-01-11

How to Cite

Utomo, P. S., & Sartono, S. (2025). PENGARUH HIGH INTENSITY INTERVAL TRAINING DENGAN RASIO PERBANDINGAN WAKTU KERJA DAN WAKTU ISTIRAHAT 1:3 TERHADAP VO2MAX PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP PGRI 1 ULUJAMI PEMALANG. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 12(1), 63–69. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v12i1.3305

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)