PENGARUH LATIHAN BALLHANDLING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DRIBBEL PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMAN 1 KADUGEDE
Abstract
Abstract: Examining the impact of ballhandling training on the development of dribbling abilities in students involved in extracurricular basketball activities at SMAN 1 Kadugede was the aim of this research. With a one-group pre-test and post-test design, a quantitative research methodology was used. The sample in this study consisted of 12 students selected purposively. Data collection was conducted through a zig-zag dribbling ability test before and after the ball-handling training program, which lasted four weeks with a training intensity of three times per week. Data analysis showed that the average score rose from 12.66 on the pre-test to 15.41 on the post-test. The data were homogeneous and regularly distributed, according to the findings of the normality and homogeneity tests. The paired sample t-test findings, on the other hand, revealed a significant relationship between ballhandling training and enhanced dribbling skill, with a significance value of 0.000 (< 0.05). To sum up, ballhandling instruction may be a useful strategy for enhancing students' basketball dribbling skills.
Keywords : Ballhandling, dribbel, basketball
Abstrak: Studi bertujan guna menguji sejauh mana pengaruh latihan ballhandling terhadap peningkatan keterampilan dribbling pada siswa peserta ekstrakurikuler bolabasket di SMAN 1 Kadugede. Dengan desain pra-tes dan pasca-tes kelompok tunggal, metodologi penelitian kuantitatif digunakan. Dua belas siswa yang dipilih secara sengaja menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan dribbling zig-zag sebelum dan sesudah program latihan ballhandling yang berlangsung selama empat minggu dengan intensitas latihan tiga kali seminggu. Berdasarkan analisis data, skor rata-rata meningkat dari 12,66 pada pra-tes menjadi 15,41 pada pasca-tes. Temuan studi membuktikan jika data bersifat homogen dan terdistribusi normal. Sementara itu, hasil uji paired sample t-test membuktikan taraf sig. 0,000 (< 0,05) berarti ada pengaruh yang signifikan antara latihan ballhandling dengan peningkatan kemampuan dribbling. Kesimpulannya, kemampuan menggiring bola siswa dalam permainan bola basket dapat ditingkatkan dengan menggunakan latihan dribblimg.
Kata kunci : Ballhandling, dribbel, bola basket
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.